logo

Menyelamatkan Indonesia, Selamatkan Hutan Dahulu

Hijau yang Asri, Hijau yang Menyelamatkan

by Budi Sitepu

“Mari menanam dan memelihara pohon untuk pelestarian lingkungan dan masa depan anak cucu kita”

Penghijauan Pesona Highland | Tanam Pohon

Menyelamatkan Indonesia, Selamatkan Hutan Dahulu. Pelestarian lingkungan antara lain dapat dilakukan dengan penanaman dan pemeliharaan pohon. Pohon yang rimbun akan memberikan kesejukan bagi setiap insan yang berada di sekitarnya. Kesejukan akan membuat hidup kita menjadi lebih sehat dan ceria. Bayangkan, di suatu daerah dimana tidak terdapat pepohonan, maka udara di sekitar tempat itu akan terasa gersang dan pengap, terlebih-lebih pada saat matahari bersinar terik. Maka adalah sangat beralasan apabila pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon. “Go Green…. Go Healthy…..” ini adalah ungkapan yang sering kita dengar dari para pegiat lingkungan.

 

Apakah hubungannya antara asri, hijau, dan selamat?

Hubungannya sangat dekat dan sederhana. Ya, jawabannya sangat sederhana. Kalau kita menanam pohon dan memeliharanya sampai tumbuh dengan baik, maka lingkungan kita menjadi asri dan pemandangan menjadi hijau. Dampaknya? Ooo, dampaknya luar biasa. Pertama, lingkungan dimana kita bertempat tinggal menjadi sejuk dan kualitas hidup kita menjadi lebih baik. Selain untuk kepentingan diri sendiri dan keluarga, pohon yang kita tanam dan pelihara akan memberikan sumbangan bagi upaya penyerapan air dan pencegahan banjir. Pada musim hujan, air akan diserap oleh pepohonan dan mengurangi derasnya laju air ke daerah yang lebih rendah sehingga dapat mengurangi banjir. Pada musim kemarau, air yang diserap disalurkan secara bertahap sehingga dapat membantu ketersediaan air untuk kebutuhan hidup sehingga terhindar dari dampak kekeringan.

Dalam skala yang lebih luas, penanaman dan pemeliharaan pohon akan dapat mengurangi penyebaran gas rumah kaca. Akhir-akhir ini kita sering disuguhi dengan informasi mengenai terjadinya perubahan iklim yang memberikan dampak negative cukup besar bagi kehidupan manusia. Fenomena yang secara langsung kita rasakan adalah dalam bentuk ketidak teraturan musim dan peningkatan suhu udara. Sementara banjir dan kekeringan yang menelan korban cukup besar sudah merupakan pengalaman yang terjadi setiap tahun.

Menyelamatkan Indonesia, Selamatkan Hutan Dahulu.

Dampak perubahan iklim tidak hanya dialami oleh Indonesia tetapi juga di seluruh dunia, baik negara yang sudah maju maupun negara yang sedang berkembang. Oleh karena itu, upaya untuk menanggulanginya juga harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua umat manusia. Mengabaikan hal ini berarti kita mengabaikan keselamatan kita beserta anak cucu kita. Bagaimana anak cucu kita akan hidup sejahtera apabila setiap musim hujan dilanda banjir dan setiap musim kemarau dilanda kekeringan dan kehabisan air?

Apabila kita peduli dengan masa depan anak cucu kita, mari kita bertindak. Mari kita mulai dari diri sendiri. Sebatang pohon yang kita tanam dan pelihara akan sangat berarti, karena kalau masing-masing orang menanam dan memelihara sebatang pohon saja, maka ratusan juta pohon akan tumbuh di Indonesia. Bayangkan, kalau ada yang menanam 2 atau 3 pohon bahkan puluhan atau ratusan pohon, maka kehidupan yang asri dan hijau serta terhindar dari dampak buruk perubahan iklim akan menjadi suasana kehidupan yang dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Pesona Highland bersama-sama dengan masyarakat kampung Cipendawa turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan. Di areal camp telah ditanam dan dipelihara sekitar 10.000 pohon dari berbagai jenis kayu seperti damar, cemara, dan mahoni. Disamping itu, juga dilakukan penanaman pohon buah-buahan seperti durian, jambu, sawo, alpukat, pala, dan lain-lain. Sejumlah pohon perdu seperti kopi dan teh dicoba dikembangkan dan diselaraskan dengan berbagai pepohonan yang tumbuh secara alami seperti pohon pakis, kaliandra, kihujan, dan tanaman liar lainnya..

“Mari menanam dan memelihara pohon untuk pelestarian lingkungan dan masa depan anak cucu kita” akan terus digaungkan untuk membangun kesadaran dan kemauan masyarakat menanam pohon, yang tidak hanya bermanfaat untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk masyarakat di sekitar kita, bangsa Indonesia, dan masyarakat dunia.

Published by

Q Hamdan Purwo Ngabei

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *