logo

Komunikasi Efektif

Program Outbound di Pesona Highland Puncak Bogor

Komunikasi yang efektif harus seperti apa? Seperti bahasan yang sebelumnya mengenai dasar komunikasi. “Dalam proses berkomunikasi, sangat perlu kita pahami seperti apa komunikasi yang baik dan efektif. Efektivitas komunikasi ini sangat diperlukan agar proses komunikasi ini tidak bertele-tele, menghabiskan effort yang besar dan berlebihan.” 

Komunikasi yang Efektif

Outbond Puncak bogor, paket outbondKomunikasi tidak semudah menyampaikan informasi secara tepat, tetapi juga pengertian, tentang kesadaran, juga kesiapan menerima cukup tanggung jawab. Keterampilan berkomunikasi sangat penting karena berhubungan dengan keputusan (komitmen), informasi, ide, dan motivasi yang harus selalu ada terutama dalam grup.

Sebagai permulaan, dapat dimulai dengan informasi yang baik, kemudian sampaikan kepada orang yang memerlukannya – keakuratan, kelengkapan, dan tepat waktu. Kemudian pastikan bahwa informasi yang diterima, sesuai dengan informasi yang dikirimkan. Jagalah supaya komunikasi tetap terbuka, kemudian berusaha beradaptasi dengan audience yang mempunyai latar belakang yang berbeda. Ingat bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bersifat dua arah sehingga kadang-kadang kita juga harus menjadi seorang pendengar yang baik.

  1. Pastikan komunikasi yang terbentuk lengkap dan akurat. Dapatkan informasi secara lengkap dan akurat sebelum disampaikan.
  2. Tetapkan siapa penerima informasi. Setelah informasi yang diadapatkan akurat dan lengkap, mata rantai selanjutnya adalah menetapkan siapa yang memerlukan informasi tersebut.
  3. Sampaikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dalam penyampaian informasi hendaknya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Perhatikan latar belakang yang berbeda. Sesuaikan informasi dengan bahasa yang mudah di mengerti disesuaikan dengan latar belakang yang bermacam-macam. Selain menggunakan bahasa verbal dapat juga menggunakan bahasa non verbal untuk mendukungnya. Apabila informasi yang disampaikan banyak dan detail ada baiknya menggunakan catatan kecil/kepekan untuk memback up.
  4. Informasi yang disampaikan tepat waktu
  5. Pastikan informasi yang tersampaikan seperti yang diinginkan. Informasi terbaik di duniapun tidak akan ada gunanya bila tidak tersampaikan dengan baik atau buruk dalam penyampaiannya.
  6. Jangan menyampaikan pesan campuran. Pesan/informasi yang disampaikan dengan tidak berurutan/sistematis karena dapat menimbulkan kebingungan bagi pihak yang menerima. Tidak hanya itu, ketidak konsisten nada suara dan bahasa tubuh juga dapat menimbulkan salah pengertian dalam menerima pesan
  7. Jadilah pendengar yang baik : a. hargai pendapat yang ada meskipun tidak setuju; b. bangunlah dialog dalam komunikaksi group.

Merancang/mempersiapkan informasi/pesan/gagasan

  1. Tentukan apa subyek pembicaraan yang akan disampaikan? Penyampaian yang jelas tidak butuh waktu lama, rata-rata 20 menit, dengan satu topik terbatas. Sehingga tidak membuat bingung/mengandung banyak informasi.
  1. Tentukan apa kalimat utama yang harus dipahami dan diingat pendengar? Pendengar tidak dapat mengingat lebih dari enam butir pokok sekaligus dalam waktu bersamaan. Butir utama ini adalah yang kita harapkan agar sungguh-sungguh diingat peserta. Bahasa sederhana, mudah dipahami bagi orang awam.
  1. Tentukan apa yang kita harapkan dari pendengar?

Program Outbound di Pesona Highland Puncak BogorMaka sangatlah diperlukannya efektivitas dalam berkomunikasi agar komunikasi tersebut berjalan sesuai dengan tujuan dan tepat sasaran. Seberapa efektif komunikasi dapat tergambar pula dari seberapa utuh informasi tersebut sampai kepada sang pendengar atau penerima informasi, serta seberapa cepat informasi itu sampai dan dapat terima oleh penerima informasi.

Simulasi komunikasi efektif  tergambar  dalam salah satu aktivitas permainan dalam kegiatan outbound. Transfer Data, salah satu permainan untuk men simulasi komunikasi efektif. Pada permainan tersebut disimulasikan seperti apa data tersebut dapat dialirkan dalam sebuah kelompok secara estafet.  Tolak ukur permainan tersebut mengacu pada seberapa cepat data tersebut dapat dialirkan, dan apakah data tersebut masih utuh atau sudah berkurang atau berubah saat sampai ke penerima data terakhir. Transfer data biasanya akan dimainkan sebagai kompetisi antar tim agar terlihat seberapa efektif data atau informasi yang dialirkan.

Komunikasi Efektif bersama Pesona Highland

Outbound – Camping – Gathering – Adventure +62 813-1074-2403 (Official Marketing)
+62 877-7023-4445 (Tri Siswati)

Komunikasi : Penyampaian Informasi/Gagasan yang Efektif

 

 

Published by

Q Hamdan Purwo Ngabei

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *