logo

Komunikasi : Penyampaian Informasi/Gagasan yang Efektif

Komunikasi Outbond Games

Pengertian Komunikasi

Pengertian Komunikasi | Outbound Pesona Highland“Pengertian komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain”. – James A. F. Stoner –

“Definisi komunikasi adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.” – Rogers & D. Lawrence Kincaid –

Jadi, apa itu Komunikasi ? Biasanya komunikasi diartikan sebagai suatu aktivitas penyampaian informasi, baik pesan, ide dan gagasan dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti. Secara Harfiah, komunikasi adalah interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi.

Titik utama tujuan komunikasi adalah transfer informasi kepada orang lain, dimengerti dan diterima oleh orang lain. Dikatakan kurang berhasil suatu komunikasi bila orang lain tidak dapat mengerti informasi tersebut.

Jenis-jenis komunikasi :

  1. Komunikasi satu arah/one-way communication : memberi instruksi atau informasi kepada kelompok dimana lawan biacara atau penerima informasi bersikap pasif. Dengan cara ini waktu yang dibutuhkan lebih sedikit namun kurang efektif. Pendengar tidak puas jika pengirim gugup, ceroboh, dll.
  2. Komunikasi satu arah dengan umpan balik : Informasi atau instruksi disampaikan dan peserta diberi umpan balik/feedback tentang baaimana mereka memahaminya. Proses komunikasi selesai saat peserta memastikan telah menerima pesan secara lengkap dan jelas. Proses komunikasi agak lama dan resiko terjadi salah paham kecil.
  3. Komunikasi dua arah : adalah proses timbal balik yang mana masing-masing penerima informasi memulai memberi informasi dan mencoba memahami peserta lain. Pengirim dan penerima informasi bebas bertukar ide-ide dan informasi dalam sebuah diskusi yang peroduktif. Dua ketrampilan berbicara dan mendengar sangat dibutuhkan. Seluruh pihak yang berkomunikasi dapat berpartisipasi penuh, opini-opini minoritas dapat didukung dan jawaban-jawaban akurat dapat terungkap. Perbedaan pendapat dan keraguan dapat segera didiskusikan dan diselesaikan. Komunikasi ini adalah interaksi terbuka, partisipasi tersalukan dan kepemimpinan, serta kesepakatan bersama/konsensus. Meskipun membutuhkan waktu lama dan resiko “mandeg” tetapi akan lebih efektif selama pengalaman dan pengetahuan peserta komunikasi mendukung.

Mengirim Informasi yang Efektif

Komunikasi efektif ditentukan oleh bagaimana pesan dikemas dan disampaikan.

  • Perjelas pesan/informasi/gagasan dengan menggunakan bahasa “saya”
  • Sampaikan informasi/pesan dengan spesifik dan lengkap
  • Samakan bahasa verbal dengan bahasa non verbal/bahassa tubuh
  • Lontarkan umpan balik untuk memastikan bahwa informasi/pesan diterima
  • Tunjukkan perasaan dengan sebutan, tindakan, atau bentuk kalimat
  • Berusaha mengetahui perasaan pendengar
  • Pastikan bahasa tubuh mengkomunikasikan perhatian kepada pendengar

Menerima pesan dengan efektif

  • Uraikan kembali dengan kata-kata sendiri kandungan informasi/pesan dan perasaan pembicara secara akurat dan tanpa mengevaluasi
  • Tunjukkan perhatian terhadap perasaan pembicara.

Dalam sebuah organisasi atau bisnis, komunikasi memiliki peranan sangat penting karena merupakan bentuk koordinasi antar anggota atau tim untuk menyampaikan ide dan gagasan. Dapat terjadi sebuah kekacauan dan salah persepsi bila komunikasi dalam sebuah organisasi tidak berjalan dengan baik. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat dimengerti dan diterima oleh orang lain, bukan hanya sekedar penyampain informasi dari pihak penyampai, informasi tersebut seharunya dapat pula diterima dengan baik oleh si penerima informasi.

Komunikasi Outbond Games

Dalam proses berkomunikasi, sangat perlu kita pahami seperti apa komunikasi yang baik dan efektif. Efektivitas komunikasi ini sangat diperlukan agar proses komunikasi ini tidak bertele-tele, menghabiskan effort yang besar dan berlebihan, bahkan ternyata proses transfer informasi ini bisa saja tidak utuh sampai ke penerima, sehingga proses komunikasi tersebut tidak mencapai tujuan yang diinginkan.

Sisi komunikasi dalam sudut pandang Pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi perhatian khusus dan seringkali menjadi target sasaran utama dilaksanakannya pelatihan-pelatihan pengembangan SDM. Cukup banyak simulasi simulasi untuk meningkatkan komunikasi diantara personal dan tim. Aktivitas Outbond menawarkan bentuk pelatihan SDM yang berbeda dari sekedar pelatihan SDM biasa. Aktivitas dan ruang gerak outbound yang bebas menjadikan pelatihan yang tidak membosankan sehingga para peserta dapat mendapatkan sendiri insight   dan value dari pelatihan tersebut tanpa merasa digurui.

Outbound Training

Komunikasi Efektif bersama Pesona Highland

Outbound – Camping – Gathering – Adventure +62 813-1074-2403 (Official Marketing)
+62 877-7023-4445 (Tri Siswati)

Published by

Q Hamdan Purwo Ngabei

One thought on “Komunikasi : Penyampaian Informasi/Gagasan yang Efektif”

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *