logo

PEMIMPIN EFEKTIF DALAM DINAMIKA KELOMPOK

PEMIMPIN EFEKTIF DALAM DINAMIKA KELOMPOK

“Seorang pemimpin biasa membawa orang lain ke tempat yang ingin mereka tuju”. Seorang pemimpin yang luar biasa membawa para pendukung ke tempat yang mungkin tidak ingin mereka tuju, tetapi yang harus mereka tuju. (Rosalynn Carter)

Pesona Highland – Dinamika diartikan sebagai gaya atau kekuatan yang dimiliki sekumpulan orang dimasyarakat yang dapat menimbulkan perubahan dalam tata hidup masyarakat yang bersangkutan. Jadi dapat dikatakan bahwa dinamika kepemimpinan dapat berubah dan berkembang sesuai dengan situasi kehidupan manusia yang bersifat dinamis. Hubungan manusiawi dapat berubah dan berkembang sehingga perwujudan manusia menjadi bersifat dinamis. Oleh karena itu seseorang yang menjadi pemimpin perlu memiliki sifat kemanusiaan, demokratis dan mencintai rakyat bawahannya.

pemimpin-efektif-dalam-dinamika-kelompok

Dalam segala pekerjaan penting membutuhkan fungsi dan peran kerja yang terlatih untuk menyelesaikan pekerjaan dengan berkualitas. Diperlukan kerja sama dalam soliditas dan komunikasi yang kolaboratif, agar struktur organisasi dapat bekerja dengan cepat dan tepat sesuai tujuan. Dinamika organisasi selalu menjadi tantangan untuk menghasilkan cara kerja yang efektif, produktif, dan berkualitas. Dinamika organisasi adalah cara orang-orang dalam organisasi berinteraksi satu sama lain. Ketika dinamika organisasi terkoordinasi dalam kepemimpinan yang tegas dan jelas arahnya, maka setiap fungsi dan peran dalam organisasi akan bekerja sama dengan fokus pada visi kepemimpinan. Tetapi, ketika dinamika organisasi tidak terkoordinasi dan tidak fokus, maka kinerja dan efektivitas fungsi dan peran dalam organisasi akan berkurang.

Memahami peranan pemimpin dalam dinamika kelompok

Secara sosial psikologis kepemimpinan merupakan produk dari interaksi sosial. Pada uraian dinamika kelompok telah diterangkan bagaimana proses terbentuknya kepemimpinan dan juga telah digambarkan bahwa peranan pemimpin dalam dinamika kelompok memegang arti besar. Kepemimpinan yang berkualitas, kuat, tegas, dan pasti adalah energi yang akan membuat dinamika organisasi selalu unggul dengan berbagai strategi kerja yang kreatif. Pemimpin yang lemah adalah yang terlalu menghormati otoritas dibawahnya, walau otoritas dibawahnya tidak bekerja dengan efektif. Dan, otoritas dibawahnya membiarkan pemimpinnya menjadi pemimpin yang tidak mampu menghadapi tantangan dan masalah. Diperlukan pemimpin yang cerdas memblokir setiap kelemahan otoritas dibawahnya, lalu mengembangkan kekuatan pelayanan otoritas dibawahnya dengan tegas, agar setiap otoritas dibawahnya benar-benar bekerja sesuai dengan tanggung jawab dalam mengatasi masalah dan tantangan.

Perananan Pemimpin

Kepemimpinan yang berkualitas pasti tahu tentang kualitas orang-orang yang menjalankan fungsi, peran, dan kerja kelompok. Pemimpin yang efektif pasti tahu cara memberdayakan semua potensi sukses untuk mengatasi masalah dengan cepat dan tepat. Ia juga harus tahu cara yang efektif untuk mendapatkan umpan balik yang benar dan penting. Pemimpin juga harus tahu cara memainkan peran bawahan, dan memotivasi bawahan untuk selalu bertanggung jawab penuh terhadap semua hal yang dilakukan. Ia juga harus mengetahui cara mendobrak hambatan dan memperbaiki kekurangan; pasti tahu cara berkomunikasi dan memfokuskan perhatian pada hal-hal prioritas.

Pemimpin yang berkualitas selalu memahami bahwa saat ia menjadi pemimpin, ia akan berhadapan dengan dinamika organisasi yang digerakkan oleh berbagai pikiran, perilaku, emosi, sikap, dan kepentingan. Untuk itu, ia akan mempersiapkan kepemimpinannya, agar kepemimpinannya mampu mengkoordinasikan dinamika organisasi dengan sikap, perilaku, karakter, dan kualitas moral, yang tegas dan pasti dalam soliditas bersama menuju tujuan dan visi.

Semakin tegas dan pasti tindakan kepemimpinan dalam kualitas moral yang taat hukum, etika, kemanusiaan, dan kebaikan; maka, semakin dinamika organisasi akan mengikuti arah permainan kepemimpinannya.
Kepemimpinan yang tegas dan berani akan menjadi sangat efektif, bila dilengkapi dengan tim kerja yang siap bekerja dengan totalitas, untuk menjalankan semua program kepemimpinan, dengan sepenuh hati dan berkualitas.

Published by

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *